Tuesday, January 10, 2012

Gaya Hidup Digital

 
Gaya hidup digital adalah istilah yang menggambarkan fenomena jaman sekarang, yaitu sebagai revolusi gaya hidup (bahkan budaya hidup) akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang makin pesat. Dengan menggunakan peralatan digital, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efisien dalam arti menghemat biaya dan juga waktu, dapat lebih efektif karena tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

Para ahli mengatakan bahwa tujuan utama gaya hidup digital adalah optimalisasi produktivitas dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Sejak beberapa tahun belakangan ini, masyarakat dunia mulai menunjukkan penerapan gaya hidup digital dalam rutinitas kehidupan masing-masing baik disadari atau tidak. Fenomena ini bukan saja di minati oleh kelompok yang mudah menerima teknologi seperti pemuda, eksekutif, dan pekerja. Orang awam pun juga tidak ketinggalan ikut berperan dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Bisa di buktikan pada setiap ada pameran seputar teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer dan telepon seluler, orang akan beramai-ramai mengunjunginya. Hal ini menunjukkan bahwa penikmat teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak di dunia.

Apa yang kita lihat pada pameran teknologi informasi dan komunikasi, kebanyakan produsen mengeluarkan hardware dan software. Tanpa adanya software di dalam hardware tersebut, sebuah perangkat tidak bisa digunakan dengan baik. Hal ini secara tidak langsung menuntut pengguna untuk belajar mengoperasikan berbagai peralatan tersebut, sehingga mereka mampu menggunakanya.

Telepon seluler, kamera digital, PDA, pemutar MP3 Player, notebook, Video Player, dan peralatan digital lainya, semuanya memerlukan pengetahuan untuk mengoperasikannya. Peralatan - peralatan ini sudah banyak terdapat di kehidupan kita. orang-orang di sekeliling kita, baik di tempat kerja, ataupun di rumah, masing-masing menggenggam ponsel, kadang-kadang ponsel si anak lebih canggih daripada ponsel ayah dan ibunya.

Belum lagi gadget lain yang digunakan, seperti MP3 Player dan scanner, digital. Dibanding beragam gadget yang disebutkan di atas, tampaknya ponsel lebih digemari atau lebih popular dibandingkan lainnya. Hal ini karena ponsel merupakan alat komunikasi yang banyak manfaatnya, mengirim SMS dengan rnurah. Fitur-fitur tambahan seperti kamera digital dan perekam video di ponsel makin menambah fungsionalitas ponsel.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...