Sunday, March 25, 2012

7 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Menurunkan Berat Badan

Wahai wanita, pernahkah Anda merasa jemu karena berat badan Anda tak kunjung turun? Merasa kesal karena timbangan selalu menunjukkan angka yang sama dari hari ke hari? Hal itu bukan hanya dikarenakan tata cara diet yang salah, tapi juga bisa disebabkan Anda melakukan beberapa kesilapan kecil dalam usaha menurunkan berat badan.


1. Terlalu Berharap Hingga Menimbulkan Stress

Saat Anda terlalu berharap bahwa berat badan Anda segera turun itu malah membuat Anda stress. Hormon kortisol yang keluar saat stres akan merangsang nafsu makan, memperlambat metabolisme, dan meningkatkan penumpukan lemak di perut. Jadi, rileks saja, santai saja. Relaksasi, seperti mendengarkan musik, tertawa bareng teman-teman, beryoga, pijat, atau jalan-jalan di alam terbuka, dapat mengurangi stres. Lakukan salah satu aktivitas tersebut setiap hari, setidaknya 10 –15 menit.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Asin

Bukan hanya makanan berlemak dan makanan manis yang perlu Anda kurangi, makanan yang banyak mengandung garam juga  perlu diredam. Selain bisa mengakibatkan hipertensi, terlalu banyak garam di dalam tubuh membuat cairan tubuh tertahan. Akibatnya, usaha menurunkan berat badan Anda tidak akan berhasil.

3. Kurang Bergerak

Sambil bekerja, Anda pun bisa sedikit berolahraga, misalnya dengan melakukan peregangan kaki dan tangan. Silang-silangkan atau ayun-ayunkan kaki dan tangan sambil duduk di kursi 2-5 menit setiap selang satu jam. Aktivitas ini mampu memberi tambahan pembakaran energi ketimbang Anda hanya duduk rapi di kursi.

3. Sering Begadang

Porsi tidur yang kurang akan meningkatkan hormon rasa lapar dan menurunkan hormon rasa kenyang. Dan seseorang yang tidurnya kurang dari 4 jam sehari berpeluang menderita obesitas sebesar 73% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 7-9 jam per hari.

4. Menghindari Susu

Wanita yang mengonsumsi yoghurt bebas lemak, keju, atau susu rendah lemak 3-4 kali sehari mampu mengusir 70% lemak dari tubuhnya. Kalsium dari susu akan memerintahkan tubuh untuk membakar kelebihan lemak. Minumlah segelas susu bebas lemak saat sarapan, segelas yoghurt rendah lemak di siang hari, dan segelas susu bebas lemak di sore hari.

5. Tidak Disiplin Berdiet

Seseorang yang berhasil menurunkan berat badannya adalah orang yang disiplin menjalani program. Jangan pernah izinkan diri Anda untuk mencoba makanan yang dilarang dalam diet karena sekali Anda memberi kesempatan maka besok-besok akan terulang lagi. Jadi, dalam melakukan diet Anda harus disiplin.

6. Masih Minum Alkohol

Alkohol memperlambat proses metabolisme tubuh dengan menekan sistem saraf pusat. Alkohol juga dapat meningkatkan kortisol, hormon stres yang membantu penumpukan lemak di perut.

7. Kurang Variasi Olahraga

Setelah program dijalani lebih dari setengah jalan, hal biasa bila penurunan berat badan mulai melambat atau malah jalan di tempat. Melakukan latihan yang sama setiap hari akan membuat tubuh beradaptasi sehingga pembakaran lemak juga menjadi lebih lambat. Sebab itu lakukanlah olahraga yang bervariasi. Bila selama ini Anda hanya berjalan kaki, hari berikutnya cobalah berenang, selanjutnya naik sepeda, kemudian sit up atau push up, dll.

Jika Anda benar-benar disiplin dalam berdiet dan mematuhi ketujuh hal yang harus dihindari ketika menurunkan berat badan diatas maka peluang Anda untuk mendapatkan berat badan ideal bisa segera tercapai.


Article by Madhoni Yusman

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...