Thursday, March 1, 2012

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi wanita, rasanya takkan ada yang menyangkal kalimat ini. Tapi bagaimana jika mahkota itu mengalami masalah, rontok misalnya? Tentunya pemilik mahkota bisa kehilangan kepercayaan diri.

Sebelum membahas tentang tips cara mengatasi rambut rontok, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta tentang rambut yang berkaitan dengan rambut rontok :


1. Rambut tumbuh sekitar 2,5 cm per tahun
2. Jumlah rambut dikepala manusia lebih dari 100.000 helai.
3. Fase Anagen (pertumbuhan rambut) berlangsung selama 3-4 tahun
4. Fase Katagen (masa transisi) berlangsung sekitar 3-4 minggu
5. Fase Telogen (masa istirahat) berlangsung sekitar 3-4 bulan

Pola rambut rontok wanita berbeda dengan pria. Kerontokan rambut pada pria bermula pada bagian dahi dengan pola berbentuk huruf ‘M’ kemudian secara perlahan berubah menjadi huruf ‘U’ atau biasa disebut pola tapal kuda. Sedangkan pada wanita, rambut rontok bermula dari tengah lalu secara perlahan meluas ke bagian samping dengan pola berbentuk huruf ‘O’ dengan lingkaran sempurna atau huruf ‘O’ yang agak melonjong.

Di pasaran kini banyak beredar produk-produk kesehatan untuk mengatasi rambut rontok dan produk untuk menumbuhkan rambut. Tapi sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya Anda mengetahui penyebab kerontokan rambut karena akan lebih bijaksana jika Anda bisa mengatasi rambut rontok secara alami.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada wanita:

1. Stress
2. Diet tak sehat
3. Masa kehamilan
4. Menopause
5. Pertambahan usia, biasanya setelah mencapai usia diatas 45 tahun
6. Gangguan hormonal karena penyakit
7. Kemoterapi
8. Faktor keturunan (Androgenic Alopecia)

Dari kedelapan poin diatas, faktor keturunan (Androgenic Alopecia) merupakan faktor penyebab kerontokan rambut yang paling banyak terjadi, baik bagi pria maupun wanita. Cara mengatasi rambut rontok poin ke delapan ini dirasa agak lebih sulit karena dibutuhkan terapi intensif agar pertumbuhan rambut lebih efektif. Salah satu caranya yaitu dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, rendah lemak dan rendah karbohidrat.

Sedangkan untuk faktor pertama sampai ke tujuh, kerontokan rambut akan berkurang dan pertumbuhan rambut kembali normal jika penyebab kerontokannya dapat diatasi. Dan tentu saja pertumbuhan rambut secara alami ini sesuai dengan fase-nya.

Untuk mengatasi rambut rontok secara alami, tubuh kita membutuhkan zat-zat pendukung agar pertumbuhan dan kesehatan rambut tetap terjaga. Zat-zat yang dibutuhkan tersebut adalah protein, vitamin A, asam lemak omega 3, vitamin B12, biotin, zat besi, seng dan tembaga.

Khusus kerontokan rambut yang diakibatkan menstruasi dan kehamilan, sangat dibutuhkan peningkatan pada konsumsi zat besi seperti sayuran hijau, daging berwarna merah, hati, dll karena wanita cenderung mengalami anemia ketika mengalami salah satu dari dua faktor ini.

Untuk memaksimalkan proses pencegahan kerontokan atau juga proses pertumbuhan rambut, biasakan berolahraga secara teratur karena dengan berolahraga peredaran darah akan semakin lancar termasuk peredaran darah yang akan menutrisi kulit kepala.

Selain itu, Anda perlu melindungi kulit kepala dari sinar matahari secara langsung juga menghindari stres dan emosi yang tidak terkendali. Perlu diingat, metabolisme tubuh akan terganggu jika Anda mengalami stres ataupun saat kehilangan kendali emosional.

Satu lagi, jika Anda pecandu kopi usahakan untuk menguranginya karena kafein pada kopi tidak baik untuk pertumbuhan rambut Anda. Dan jika Anda pecandu rokok, upayakan semaksimal mungkin untuk berhenti merokok karena rokok mengandung zat-zat berbahaya untuk kesehatan rambut dan tubuh.

Semoga tips cara mengatasi rambut rontok ini berguna untuk kita semua.


Article by Madhoni Yusman
Posted by

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...