Friday, December 23, 2011

Rilis Tas, Kardashian Bersaudara Dituduh Curi Ide

SEORANG desainer tas menuduh Kardashian bersaudara mencontek salah satu kreasinya. Kasus terkuak setelah keluarga sosialita itu meluncurkan koleksi mereka untuk Sears.

Monica Botkier mengirimkan surat pengunduran diri dan berhenti menjadi pengecer untuk Sear pekan lalu setelah melihat kesamaan antara tas Clyde seharga USD600 (sekira Rp5,1 juta) rancangannya dengan tas macan tutul seharga USD94 (sekira Rp800 ribu) milik Kardashian Kollection.

Dia menceritakan bagaimana teman-teman dan pelanggan setia membanjirinya dengan e-mail setelah melihat foto tas yang dirilis Kardashian bersaudara awal bulan ini.

Dia mengatakan, pencinta tas Clyde telah menjadi pendukung lini produknya yang telah didirikan sejak 2003. Dengan imej yang tertanam, penggemar bisa cepat mengenali ciri khas tas kreasinya.

"Ironis, kami baru melihat di bawah ini bagaimana Botkier Clyde kecintaan kami ditiru oleh Kollection Kardashian untuk Sears,” katanya membacakan sebuah posting dari penggemar di blog-nya setelah melihat koleksi Kardashian bersaudara.

“Kalau mereka mengatakan bahwa mencontek kreasi adalah bentuk tertinggi atau pujian, kami tidak memandangnya seperti itu,” imbuhnya, seperti disitat Dailymail, Rabu (17/8/2011).

Kepada WWD, Selasa (16/7), Monica mengatakan, "Dalam kasus seperti ini, jelas menjengkelkan karena tas itu adalah merek dagang kami. Nilainya jauh lebih rumit karena sulit bagi desainer independen bisa bersaing dengan pengecer besar.”

Sears Holdings Corp, yang merupakan pengecer eksklusif bagi koleksi Kardashian bersaudara telah menolak untuk mengomentari masalah ini, meskipun tas tidak lagi dijual di situsnya.

Monica meminta perhatian dari CFDA (Dewan Desainer Fesyen Amerika) untuk menindak kasus pengambilan ide desain ini. "Ini jelas melukai orang-orang dalam industri ini dan semakin sulit bila kami tidak mendapatkan perlindungan hukum. Kami ingin CFDA bekerja dan membuat ide desain lebih dilindungi," tegasnya.

Steven Kolb, CEO dari CFDA mengatakan, "Semua desainer berhak untuk merancang dan hanya pencipta desain asli yang boleh menerima keuntungan dari itu. Mengambil ide seseorang dan menyebutnya sebagai ide Anda adalah salah dan bentuk dari perampasan investasi mereka."

Seperti diberitakan sebelumnya, Kollection Kardashian secara resmi tiba di 400 toko pengecer besar Sears pada 25 Agustus sedangkan kini baru dijual secara online.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...